Senin, 10 Oktober 2011

RPP


Perangkat RPP MPL & MPK SMA
“ Besaran Dan Satuan ”
                                                Sekolah                                   : SMA
                                                Kelas                                       : X / 1
Mata  Pelajaran                     : Fisika
           Alokasi waktu                        : 2 x 45 Menit


Ø  Standar kompetensi
              Menerapkan  konsep  besaran fisika dan pengukurannya
Ø  Kompetensi Dasar
Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Ø  Indikator
·      Produk :
1.    Mendefinisikan konsep besaran fisika dan ruang lingkupnya,
2.    Menyebutkan jenis – jenis  besaran dan satuan dalam fisika,
3.    Menentukan satuan dan dimensi  suatu besaran.
4.    Menjelaskan prinsip kerja masing – masing alat ukur yang digunakan dalam pengukuran,
·       Proses :
Menganalisis berbagai jenis alat ukur besaran  panjang, massa, dan waktu, sesuai dengan objek pengukuran.
·       Psikomotor :
Melakukan pengukuran besaran panjang, massa dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan



·       Keterampilan sosial
1.         Karakter                   :     Berpikir kritis, kreatif, jujur, bertanggung jawab, dan menghargai pendapat  teman
2.         Keterampilan sosial:  Melakukan komunikasi meliputi presentasi,bertanya dan berpendapat
Ø  Tujuan pembelajaran
  • Produk
1.      Diberikan suatu objek, siswa dapat menyebutkan minimal tiga besaran panjang yang dimiliki objek tersebut.
2.      Diberikan suatu objek, siswa dapat menyebutkan minimal tiga besaran massa yang dimiliki objek tersebut
3.      Diberikan suatu objek, siswa dapat menyebutkan minimal tiga besaran waktu yang dimiliki oleh objek tersebut
4.      Diberikan 5 gambar alat ukur besaran panjang dan obyek  pengukuran, siswa  dapat menentukan 3 buah pasangan alat ukur dan objek pengukuran secara tepat.
5.      Diberikan 5 gambar alat-alat ukur besaran massa dan obyek pengukuran, siswa dapat menentukan minimal 3 buah pasangan alat ukur dan objek pengukuran secara tepat.
6.      Diberikan 5 gambar alat-alat ukur besaran waktu dan obyek pengukuran, siswa dapat menentukan minimal 3 buah pasangan alat ukur dan objek pengukuran secara tepat.
7.      Diberikan 5 buah objek yang disertai ukuran dan satuannya, siswa dapat menentukan minimal satu jenis  besaran panjang, ukuran, satuan dan dimensinya dengan benar.
8.      Diberikan 5 buah objek yang disertai ukuran dan satuannya, siswa dapat menentukan minimal satu jenis  besaran massa, ukuran, satuan dan dimensinya dengan benar.
9.      Diberikan 5 buah objek yang disertai ukuran dan satuannya, siswa dapat menentukan minimal satu jenis  besaran waktu, ukuran, satuan dan dimensinya dengan benar.
10.  Diberikan 3 besaran panjang yang bukan dalam SI, siswa dapat mengkonverssi minimal dua satuan ke dalam SI dengan benar
11.  Diberikan 3 besaran massa yang bukan dalam SI, siswa dapat mengkonverssi minimal dua satuan ke dalam SI dengan benar
12.  Diberikan 3 besaran waktu yang bukan dalam SI, siswa dapat mengkonverssi minimal dua satuan ke dalam SI dengan benar
  • Proses
1.      Diberikan gambar slide pengukuran besaran panjang yang keliru, siswa dapat memberikan analisis bagaimana proses pengukuran yang tepat dengan menyebutkan minimal satu alasan.
2.      Diberikan gambar slide pengukuran besaran massa yang keliru, siswa dapat memberikan analisis bagaimana proses pengukuran yang tepat dengan menyebutkan minimal satu alasan.
3.      Diberikan gambar slide pengukuran besaran waktu yang keliru, siswa dapat memberikan analisis bagaimana proses pengukuran yang tepat dengan menyebutkan minimal satu alasan.

·         Psikomotor
1.         Disiapkan alat-alat ukur panjang (mistar, meteran baju, jangka sorong, micrometer sekrup, sferometer, lup, mikroskop), dan objek-objek pengukuran (koin 500, cincin kawin, kartu voucher, lensa cekung, pinggang siswa)  siswa dapat melakukan paling sedikit dua pengukuran panjang dengan tepat.
2.         Disiapkan alat ukur massa (timbangan dapur, neraca ohauss, timbangan badan) dan objek-objek pengukuran (kutu/semut, kertas, pisang, siswa), siswa dapat melakukan paling sedikit dua pengukuran massa dengan tepat.
3.         Disiapkan alat ukur waktu (jam tangan, stop watch, kalender, photogate timer) dan objek-objek pengukuran waktu (denyut nadi, hari ulang tahun siswa, lamanya pembelajaran berlangsung, perioda bandul) , siswa dapat melakukan paling sedikit dua pengukuran waktu dengan tepat.

Ø  Materi pembelajaran :  Besaran dan Satuan


Ø  Model dan metode pembelajaran :
Model              : Kooperatif Learning Tipe STAD
Metode            : Pengamatan
Pendekatan     : Lesson Study

Ø  Kegiatan Pembelajaran
No
Aktivitas Pembelajaran
Alat Pendukung
     A
Pendahuluan (10 menit)

1.      .
Motivasi dan Apersepsi: 5 menit
Mendeskripsikan materi besaran dan satuan melalui perkenalan ,atau melalui cerita deskriptif dari guru
Profil  FB


Power Point
2.       
Dengan menggunakan slide power point Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: 5 Menit
kognitif (produk, proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).


No
Aktivitas Pembelajaran
Alat Pendukung
B
Inti  ( 70 Menit)



Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

1.       
Membagi  siswa dalam 3 kelompok secara heterogen dan Menjelaskan materi konsep besaran fisika dan ruang lingkupnya serta prinsip kerja dari masing-masing alat pengukuran besaran panjang, massa dan waktu. (10 menit), serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang kurang jelas
Siswa duduk secara berkelompok dan mendengarkan materi yang dijelaskan oleh guru dan bertanya tentang hal-hal yang kurang dimengerti.
-          Mistar
-          Jam tangan
-          Neraca pegas
2.       
Membagikan LKS kepada siswa, Membagikan objek -objek pengukuran panjang, massa, dan waktu  kepada siswa dan meminta siswa menyebutkan besaran-besaran panjang, massa dan waktu  yang diamati dari objek tersebut (10 menit)
Memberikan gambar-gambar alat ukur panjang,massa dan waktu  beserta objeknya dan meminta siswa untuk mencocokkan gambar tersebut (10 menit)
Mengamati objek-objek yang ditunjukkan oleh guru,dan menjawab pertanyaan dari guru yang berhubungan dengan besaran panjang,massa dan waktu,
siswa mencocokan gambar yang berhubungan dengan besaran massa, besaran panjang dan besaran waktu berdasarkan objek dan alat ukur dengan tepat
Kartu yang berisi objek dan alat ukur besaran panjang, besaran  massa, besaran dan waktu.

3.       
Diberikan gambar slide pengukuran besaran panjang, besaran massa, besaran waktu yang keliru, siswa dapat memberikan analisis bagaimana proses pengukuran yang tepat dengan menyebutkan minimal satu alasan (10 menit).
Siswa menganalisis proses pengukuran besaran panjang, besaran massa, dan besaran waktu melalui slide.
Slide
4.       
Memberikan 5 buah objek yang disertai ukuran dan satuannya, meminta siswa menentukan minimal satu jenis  besaran panjang, massa waktu, ukuran, satuan dan dimensinya dengan benar. (10 menit)
Siswa menetukan jenis besaran panjang, besaran massa, dan besaran waktu pada objek yang diberikan oleh guru,serta menetukan dimensi dari besaran tersebut.
. Sanck, voucher, koin, kertas hps, air mineral, supermie.
5.       
Membagikan alat pengukuran panjang, massa, dan waktu beserta objeknya pada masing-masing kelompok (15 menit)
Siswa melakukan pengukuran besaran panjang,besaran massa dan besaran waktu.
Alat ukur besaran panjang, besaran massa, dan besaran waktu
6.       
Membimbing kelompok-kelompok belajar dalam melakukan eksperimen sesuai dengan prosedurnya. (5 menit)
Siswa bertanya apabila ada yang kurang dimengerti.

No
Aktivitas Pembelajaran
Alat Pendukung
C
Penutup  (10 menit)



Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa





1.
Mengumumkan yang menjadi kelompok terbaik dan  memberikan penghargaan kepada kelompok tersebut.
Mendengarkan pengumuman kelompok yang terbaik dan kelompok yang terbaik menerima penghargaan yang diberikan oleh guru.


2.
Menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang telah berlangsung
Mendengrakan kesimpulan dari guru


3.
Menutup pelajaran dengan memberikan pertanyaan menantang kepada siswa.
Siswa menjawab sesuai dengan kemampuan masing-masing



Ø  Sumber Pembelajaran
1.    Buku Siswa : Besaran dan Pengukuran
2.    LKS 1         : Mengukur Besaran Panjang, Massa dan Waktu
3.    LP 1            : Produk
4.    LP 2            : Proses
5.    LP 3             : Psikomotor

Ø  Alat dan Bahan

·      Alat Ukur Panjang
o   Alat
o   Objek
a.       Mistar
koin 500
b.      Meteran baju,
cincin kawin
c.       Jangka sorong
kartu voucher
d.      Micrometer sekrup
lensa cekung
e.       Sferometer,
pinggang siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar