Senin, 10 Oktober 2011

konsep kutub magnet

KONSEP KUTUB MAGNET

ü Kutub-Kutub Magnet

Magnet ialah sejenis logam yang juga dikenali dengan nama besi berani. Magnet mempunyai medan magnet dan dapat menarik butir-butir besi lain ke arahnya. Perkataan magnet berasal dari bahasa Greek "magnítis líthos" (μαγνήτης λίθος) yang bererti “batu magnesia”. Ini adalah kerana magnet mula-mula dijumpai di suatu daerah Asia kecil bernama Magnesia. Suatu keunikan yang ada pada magnet ini ialah apabila magnet itu digantung, arah yang ditunjukkannya ialah utara-selatan. Selain magnet asli (yang dilombong), terdapat juga magnet yang dibuat manusia. Magnet asli ialah magnet yang kekal keadaannya, manakala magnet yang dibuat manusia ada yang kekal dan ada yang sementara (dipanggil elektromagnet). Kebanyakan magnet yang digunakan hari ini adalah dibuat oleh manusia.

Setiap magnet mempunyai satu 'kutub selatan' dan satu 'kutub utara'. Apabila satu hujung magnet didekati suatu hujung magnet yang lain, kedua-dua hujung akan menarik di antara satu dengan yang lain sekiranya hujung-hujung magnet itu mempunyai kutub yang berlainan. Sebaliknya akan berlaku sekiranya kedua-dua hujung mempunyai kutub yang sama.

Bagian magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar disebut kutub magnet. Magnet selalu mempunyai dua kutub. Hal ini dapat diketahui bila sebuah magnet batang dicelupkan ke dalam serbuk besi. Di bagian tengah (daerah netral) tidak ada serbuk besi yang melekat, sedangkan bagian ke ujung makin banyak serbuk besi yang melekat pada magnet.
Bagian yang banyak dilekati serbuk besi merupakan kutub magnet. Hal ini menandakan, gaya magnet yang paling besar berada di ujun-ujung magnet. Garis yang menghubungkan dua ktub magnet disebut sumbu magnet.

Setiap magnet memiliki dua tempat yang gaya magnetnya paling kuat. Daerah ini disebut kutub magnet. Ada 2 kutub magnet, yaitu kutub utara (U) dan kutub selatan (S). Seringkali kamu menjumpai magnet yang bertuliskan N dan S. N merupakan kutub utara magnet itu (singkatan dari north yang berarti utara) sedangkan S kutub selatannya (singkatan dari south yang berarti selatan).

Magnet dapat berada dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bentuk yang paling sederhana berupa batang lurus. Bentuk lain yang sering kamu jumpai misalnya bentuk tapal kuda (ladam) dan jarum. Pada bentuk-bentuk ini, kutub magnetnya berada pada ujung-ujung magnet itu. Gambar 11.1 memperlihatkan berbagai bentuk magnet yang sering kamu jumpai.

Gambar 11.1 Magnet terdapat dalam berbagai bentuk dan ukuran, seperti magnet batang, magnet ladam (tapal kuda), magnet jarum dan magnet cakram (sepertikancing baju).

v Kutub Utara dan Kutub Selatan Magnet

Setiap magnet, apapun bentuknya, selalu mempunyai kutub utara dan kutub selatan. Amatilah sebuah magnet jarum yang berputar pada porosnya, misalnya kompas. Dalam keadaan diam, salah satu ujung magnet akan menunjuk ke arah utara, sedangkan ujung yang lain menunjuk ke arah selatan. Ujung kompas yang menunjuk ke arah utara disebut kutub utara. Ujungnya yang menunjuk ke arah selatan disebut kutub selatan.

Jika dua buah magnet saling didekatkan, magnet pertama akan mengerjakan gaya pada magnet kedua, dan magnet kedua mengerjakan gaya kepada magnet pertama. Gaya magnet, seperti halnya gaya listrik, berupa tarikan dan tolakan. Jika dua kutub utara didekatkan, maka keduanya tolak-menolak. Dua kutub selatan juga saling menolak. Namun, jika kutub selatan didekatkan pada kutub utara, maka kedua kutub ini akan tarik-menarik. Sehingga kita dapat membuat aturan untuk kutub magnet: kutub senama tolak-menolak, dan kutub tak senama tarik-menarik. Perhatikan Gambar 11.2.

Gambar 11.2 Dua magnet batang yang digantung berdekatan. Berdasarkan gambar tersebut, bagaimanakah gaya magnet antara dua kutub magnet yang senama dan tidak senama?

Kutub-kutub magnet selalu berpasangan yaitu kutub utara dan kutub selatan. Selama bertahun-tahun para ilmuwan mencoba mendapatkan satu kutub saja yang adapada sebuah magnet. Menurutmu, bagaimanakah caranya? Kamu mungkin berpikir bahwa cara yang paling masuk akal untuk memisahkan kutub magnet adalah dengan memotong magnet manjadi dua. Cara ini memang masuk akal, namun hasilnya tidak demikian.

Jika sebuah magnet dipotong menjadi dua, ternyata hasilnya berupa dua magnet yang lebih kecil dan masing-masing tetap memiliki kutub utara dan selatan. Seperti halnya Gambar 11.3.

Gambar 11.3 Tidak peduli berapa kali magnet dipotong, tiap potongan mempertahankan sifat-sifat kemagnetannya.


LP : 1
LEMBAR PENILAIAN PROSES

No
Nama kelompok
SKOR PENILAIAN BUTIR
Skor Total
a
b
c
d
e
f
g
h
i

1
Panjang










2
Massa










3
Waktu











Keterangan :
a.       Menyebutkan minimal satu besaran panjang yang dimiliki objek tersebut.
b.      Menyebutkan minimal satu besaran massa yang dimiliki objek tersebut
c.       Menyebutkan minimal satu besaran waktu yang dimiliki oleh objek tersebut
d.      Menentukan 3 buah pasangan alat ukur dan objek pengukuran secara tepat.
e.       Menentukan minimal 3 buah pasangan alat ukur dan objek pengukuran secara tepat.
f.       Menentukan minimal 3 buah pasangan alat ukur dan objek pengukuran secara tepat.
g.      Menentukan minimal satu jenis  besaran panjang, ukuran, satuan dan dimensinya dengan benar.
h.      Menentukan minimal satu jenis  besaran massa, ukuran, satuan dan dimensinya dengan benar.
i.        Menentukan minimal satu jenis  besaran waktu, ukuran, satuan dan dimensinya dengan benar.



LP :2
LEMBAR PENILAIAN KOGNITIF PROSES

NO
NAMA KELOMPOK
SKOR PENILAIAN BUTIR
SKOR TOTAL
a
b
c

1
Panjang




2
Massa




3
Waktu




Keterangan :
a.       Siswa dapat memberikan analisis bagaimana proses pengukuran yang tepat dengan menyebutkan minimal satu alasan.
b.      siswa dapat memberikan analisis bagaimana proses pengukuran yang tepat dengan menyebutkan minimal satu alasan.
c.       siswa dapat memberikan analisis bagaimana proses pengukuran yang tepat dengan menyebutkan minimal satu alasan.








LP : 3
LEMBAR PENILAIAN PSIKOMOTOR

Nama Siswa
Kreatifitas siswa
Skor Akhir
A
B
C














































Keterangan :
A.    Keatifan siswa
B.     Kerjasama kelompok
C.     Kemampuan Psikomotor